Tips Ibu Hamil Dalam Menjaga Kehamilan Muda

Kehamilan muda atau hamil muda dialami oleh seorang wanita. dimana penjagaan akan kehamilan pada waktu ini lebih banyak sebab sangat rentan terkena hal yang membahayakan oleh sebab itu ada baiknya anda melakukan sesuatu yang sesuai dengan kesehatan serta anjuran dokter anda. Maka dari itu anda harus mengetahui tips  menjaga kehamilan muda.

Ada harapan seorang orang tua yang memiliki kehamilan bahwa janin yang kini bersarang di dalam rahimnya dapat tumbuh hingga usia penuh atau sempurna yaitu sembilan bulan. Tapi terkadang harapan tak sesuai dengan yang diharapkan tidak sedikit para calon orang tua yang kehilangan calon bayi mereka di usia kehamilan muda (trisemester pertama). 

Rata rata hampir setengah peristiwa keguguran terjadi pada semester pertama kehamilan dan sangat tidak dapat dicegah. Sebenarnya penyebab terjadinya keguguran pada trimester pertama seorang yang hamil cukup banyak dan masih banyak penyebab lainnya yang belum diketahui secara pasti, penyebab yang bisa mengakibatkan keguguran pada bulan pertama ini adalah, infeksi ibu, penyakit ibu, hasil pembuahan yang berjalan tidak baik hingga gangguan pada kromosom yang terjadi dalam kandungan. Jadi bisa diambil keputusan bahwa keguguran ini merupakan hasil interaksi dari berbagai factor, sehingga factor tersebut membuat anda gagal menjadi seorang orang tua.

Bila ibu hamil mengalami pendarahan dalam kehamilannya, dimana keluar bercak darah atau terjadi  kram perut, maka jangan panik. Sebenarnya pendarahan memang sering kali terjadi pada kehamilan seorang ibu. Dalam kondisi seperti itu justru harus dilakukan adalah tetap berfikir postif dan segera memeriksakan diri anda ke dokter kandungan. Karena keguguran sering teradi pada semester pertama anda tidak boleh takut sebab tidak sedikit juga wanita hamil yang sukses menjalani kehamilannya hingga sembilan bulan dan melahirkan bayi mungil yang sehat yang didambakan.

Berikut ini merupakan menjaga kehamilan muda bagi ibu ibu yang tengah hamil muda dan semoga dapat menerapkan nya sehingga memperkecil resiko terjadinya keguguran usia dini :

  •  Pemeriksaan Hormon
    Dalam tubuh seorang ibu terdapat hormone yang bernama prgestron , maka segera periksa kadar hormon progesterone anda. Di minggu pertama kehamilan anda, hormon progresteron berfungsi untuk menguatkan atau mempertahankan janin yang menempel di dinding rahim  anda. Agar janin dapat bertahan di dalam rahim maka serum kadar hormon tersebut harus dimiliki dengan kadar harus di atas 18,9. Jika pada trimester pertama kadar hormon tersebut rendah dan tak sesuai target, itu artinya resiko besar seorang ibu hamil terancam keguguran.

Penyebab kadar progesteron ibu hamil tersebut menurun ada beberapa sebab. Misalnya :

1.      si ibu tergolong overweight atau memiliki berat badan berlebihan yaitu obesitas

2.      kualitas yang menurun dimana mereka yang hamil di usia 35 tahun ke atas mempunyai kualitas sel telur menurun dan menyebabkan sel telur tidak berkembang secara sempurna atau dengan kata lain sel telur mereka telah rusak.

3.      Penyebab turunnya kadar progresteron lainnya adalah stres.

  • Menggunakan sepatu berhak tinggi
  • Sangat berbahaya seorang ibu hamil memakai sepatu hak tinggi maka dari itu hindari semua sepatu dengan hak tinggi. Ini tidak hanya berlaku bagi ibu yang menjaga kehamilan muda tapi untuk semua wanita hamil juga. Seudah jelas alasannya bukan bahwa untuk memperkecil resiko keguguran maka perlu adanya pengabaian sepatu hak tinggi
  • Pengurangan frekuensi seks
    Jaga kandungan Anda dengan tidak melakukan seks untuk sementara waktu karena dapat memicu terjadinya kontraksi pada perut yang menyebabkan anda bisa keguguran. Setidaknya jangan berhubungan seks sebelum usia kandungan anda 16 minggu atau itulah yang perlu dilakukan dalam tips menjaga kehamilan muda. Kenapa harus diatas 16 minggu ? Karena pada usia kandungan kurang 16 minggu, ari – ari seorang janin belum terbentuk secara kuat. Berhubungan intim atau seks tersebut memicu terjadinya kontraksi.
  • Mulailah hidup sehat
    Dimana hidup sehat itu penting dalam kondisi apapu baik sedang hamil atau tidak hamil. Dimana cara hdup sehatyang paling sederhhana adalah dengan mengkonsumsi makan yang bergizi.
  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menimbulkan kontraksi rahim
    Kontraksi membuat anda akan mengalami pendarahan dan itu berbahaya. Makanan yang dapat menimbulkan efek kontraksi adalah : duren, kambing, ketan hitam, dll.


Tips Ibu Hamil Dalam Menjaga Kehamilan Muda Tips Ibu Hamil Dalam Menjaga Kehamilan Muda Reviewed by Decoration Ideas on 06.37.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Dapatkan Penawaran Toyota Agya Terbaik Disini

Dapatkan Penawaran Toyota Agya Terbaik Disini
Toyota Agya Murah
Diberdayakan oleh Blogger.