Empat Makanan Sehat Ibu Hamil Muda

Ilustrasi Ibu Hamil

Masa saat awal kehamilan anda atau yang lebih dikenal dengan istilah hami muda, biasanya janin anda masih lemah dan tak tertutup kemungkinan untuk mengalami keguguran. Semua nutrisi yang masuk kedalam tubuh anda, akan masuk juga ke tubuh janin anda.

Oleh karena itu, pada masa ini penting bagi anda untuk memperhatikan makanan apa-apa saja yang masuk dalam tubuh anda. Bagi anda yang sedang hamil muda, pada umumnya sering merasa mual dan ingin muntah pada pagi hari. Parahnya lagi, pagi hari merupakan kondisi dimana perut anda sedang kosong. Untuk menghindari hal ini, makanlah sesering mungkin, tapi dalam jumlah yang sedikit.

Anda perlu mengingat, seberapapun mualnya perut anda tetaplah makan makanan yang bergizi. Pada masa hamil muda, anda sangat memerlukan asupan gizi yang baik, sehingga janin dapat berkembang dengan baik. Sebenarnya, seorang ibu hamil perlu mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk pertumbuhan plasenta, mencegah anemia, dan yang paling penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI nya.

Sejumlah penelitian dilakukan  dan menunjukkan, seorang wanita yang mendapat asupan gizi yang cukup semenjak kecil mempunyai kemungkinan melahirkan bayi sehat tanpa komplikasi dan dapat memproduksi ASI yang baik kualitas dan kuantitasnya.

Sangat baik bagi bayi yang baru lahir untuk mempunyai berat badan diatas 2500 gram. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil mendapatkan gizi yang cukup agar bayi yang dilahirkannya sehat.
Berikut ada beberapa contoh makanan sehat ibu hamil muda, diantaranya :




     1. Karbohidrat

Wanita yang hamil muda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, karena kebutuhan energinya meningkat. Energi ini digunakan untuk perkembangan janin, pertumbuhan plasenta, mencegah anemia, dan yang paling penting untuk membentuk jaringan baru.

Akan tetapi, pertambahan kebutuhan kalori ini tidak berarti anda harus makan terlalu banyak. Tubuh anda memerlukan sekitar 80000 tambahan kalori pada masa kehamilan. Dari jumlah tersebut, berarti anda memerlukan tambahan kalori sebesar 300 kalori setiap harinya. Memang cukup sulit untuk mengetahui kandungan kalori dalam sebuah makanan.

Anda boleh menggunakan rasa lapar sebagai pedoman anda dalam mengontrol kalori, atau dengan memonitor berat badan anda. Akan sangat baik lagi jika anda berkonsultasi dengan dokter atau pakar gizi untuk membantu anda dalam mencukupkan kebutuhan kalori.
Makanan yang kaya akan karbohidrat antara lain, nasi, roti, jagung, sagu, dan masih banyak lagi.


        2. Protein

Tubuh anda memerlukan lebih banyak protein pada masa kehamilan. Hal ini disebabkan karena protein sangat diperlukan untuk pertumbuhan jaringan pada janin. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi 75 gram protein setiap harinya, dimana 25 gram lebih banyak dibandingkan kondisi normal.
Menambahkan protein ke dalam makanan merupakan cara yang efektif untuk menambah kalori sekaligus protein ke dalam tubuh.

Protein banyak anda jumpai dalam produk hewani seperti  daging, ikan, telur, susu, keju, dan hasil laut yang merupakan sumber protein. Disamping itu, protein juga bisa anda dapatkan dari tumbuh-tumbuhan seperti, kacang-kacangan, biji-bijian, tempe, tahu, oncom, daln lainnya.

        3. Asam folat

Folat merupakan zat yang amat sangat penting bagi ibu hamil. Folat merupakan vitamin B yang berfungsi sebagai : membantu perkembangan embrio, mencegah neural tube defect atau yang lazim disebut sebagai cacat pada otak dan tulang belakang, selain itu kekurangan folat juga dapat meningkatkan resiko bayi lahir dengan premature (kurang umur).
Sebenarnya, asam folat ini sangat diperlukan terutama sebelum masa kehamilan dan pada masa awal kehamilan. Tetapi, sebaiknya ibu hamil tetap harus mengonsumsi folat yang berasal dari : sayuran hijau (bayam dan asparagus), jus jeruk, buncis, kacang-kacangan, roti, dan gandum.

     4. Air (Mineral)

Dalam keadaan normal, anda membutuhkan air 7 sampai 8 gelas perharinya. Namun, pada masa kehamilan, anda membutuhkan lebih banyak, karena anda akan sering kali buang air kecil dan berkeringat.

Ibu hamil biasanya merasa mual bila harus minum air putih dalam jumlah besar. Untuk mengatasi hal itu, anda boleh menggantinya dengan jus buah.


Empat Makanan Sehat Ibu Hamil Muda Empat Makanan Sehat Ibu Hamil Muda Reviewed by Decoration Ideas on 08.47.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Dapatkan Penawaran Toyota Agya Terbaik Disini

Dapatkan Penawaran Toyota Agya Terbaik Disini
Toyota Agya Murah
Diberdayakan oleh Blogger.